15 Desember 2010

10 kabupaten/kota di Sumsel mendapatkan Piala Adipura

Sepuluh dari 15 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan meraih penghargaan dari pemerintah pusat di bidang kebersihan lingkungan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumsel, A. Najib, menyebutkan sejumlah daerah yang mendapat penghargaan itu, yakni Palembang, Musi Banyuasin, Lahat, Lubuklinggau, Muara Enim, Ogan Komering Ilir, dan Ogan Komering Ulu Timur, saat ditemui di Palembang, Sabtu, (12/6).
Daerah tersebut, mendapat piala Adipura di bidang kebersihan lingkungan, sedangkan tiga kabupaten, yakni Banyuasin, Pagar Alam, dan Prabumulih, mendapatkan piagam kebersihan, jelasnya.

Keberhasilan kabupaten dan kota mendapat penghargaan di bidang kebersihan lingkungan tersebut tak lain sebagai bentuk kerja keras dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, termasuk Badan Lingkungan Hidup, ujar Najib. Lebih lanjut dia mengatakan, kebersihan lingkungan merupakan program yang menjadi skala prioritas Badan Lingkungan Hidup karena itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya rutin melakukan penelitian dan pemantauan, termasuk terhadap berbagai pabrik yang ada di provinsi Sumsel, untuk mengetahui kondisi pencemarannya apakah masih dalam kondisi ambang batas. Bahkan, pihaknya memberikan peringatan bila pabrik ada yang mencemari lingkungan supaya daerah dan kota di Provinsi Sumsel bebas dari pencemaran, tegas Najib.

"Namun, kesemuanya itu tidak terlepas dari dukungan dari seluruh lapisan masyarkat, terutama dalam pelaksanaan pembangunan, termasuk Badan Lingkungan Hidup," katanya. (Ant)

Tidak ada komentar: